Etika Profesi Henna Artist

Serem yah judulnya, so iyes banget saya mau nulis tentang etika profesi henna artist. Padahal padahal saya mah masih henna artist junior hahaha tapi tak apalah yah... toh saya menulis untuk saling belajar, menyampaikan apa yang saya tau lebih dulu dan untuk diketahui lagi banyak orang.

Alasan utama saya menulis artikel dengan judul Etika Profesi Henna Artist adalah karena keresahan dan kekesalan para henna artist -dan termasuk saya didalamnya- kepada para sesama henna artist yang suka memakai foto hasil karya kami lalu 'mengaku-aku' kalau itu adalah hasil karyanya. Bisa dikatakan tindak PLAGIARISME.

plagiarisme/pla·gi·a·ris·me/ n penjiplakan yang melanggar hak cipta [Sumber: KBBI]
Dan yang parahnya lagi, kalau watermark didalam gambar malah ditimpa sama merek mereka. Sumpah.... itu nyakitin banget. banget... buaaaaanget apalagi kalau yang ngopas gambar bilang begini:
"Resiko sendiri kenapa di posting di medsos"
"Setiap yang udah diposting di medsos adalah hak bersama, suka-suka saya dong!"
Nah looooo, bukannya minta maaf dan menyadari kesalahannya, eh dia malah ngamuk balik. Duh mba e, ya gak gitu juga kali. Tetap aja itu jepretan henna hasil karya orang lain, kamu ndak bisa ngaku-ngaku itu hasil karya kamu. 

Trus solusinya piye?
kamu boleh ko save gambar-gambar mereka untuk pribadi kamu sendiri bahkan boleh share dengan catatan. 1. Ijin ke sang pimilik gambar 2. Jangan pernah kamu tega hapus watermark mereka dan menggantikannya dengan watermark kamu 3. Save untuk jadi inpsirasi

Alasan ke dua adalah saya menyadari bahwa setiap profesi memiliki etika, hak dan kewajibannya tersendiri. Termasuk menjadi seorang Henna Artist. Jangankan henna artist, seorang pemulung sampah juga punya etikanya sendiri loh. Buktinya mereka hanya akan memulung sampah yang hanya ada diluar rumah saja dan gak akan mulung sampah yang ada di dalam rumah. Kenapa? karena mereka punya etika.

Karena seandainya mereka berani masuk ke dalam rumah orang sembarangan, walau hanya untuk membersihkan sampah yang berceceran didalam rumah, pastilah sang pemilik rumah bakalan teriak kalau yang masuk ke dalam rumahnya adalah 'maling' bukan pemulung sampah. Padahal yang mereka ambil tu sampah. Gitu sih logika saya

Back to etika profesi seorang henna artist yah. Umumnya Etika Profesi juga dikenal dengan sebutan kode etik.

profesi/pro·fe·si/ /prof├ęsi/ n bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dan sebagainya) tertentu; [sumber: KBBI]
Yang saya akan tekankan dan tulis disini adalah kode etik sesama henna artist, biar sesama henna artist gak saling selekan yah.

1. Sesama henna artist agar tidak mengaku-aku hasil karya henna artist lain
[Mengunggah hasil karya henna artist lain tanpa menyebutkan sumber yang valid atau mengubah watermark yang ada didalam foto henna menjadi milik sendiri] Kesalahan pemula biasaya dan sayapun dulu sempat begitu sebelum saya sadar, kalau hal itu merupakan tindakan yang salah.

2. Sesama henna artist harus saling menghargai tidak mencaci
[Menghargai hasil karya henna artist lain, tidak menjelek-jelekan henna artist lain. Ingaaat... kita mencari rezeki halal dan baik, jangan sampai rezeki yang kita dapat karena dengan menjelekan orang lain. Gak bakal berkah loh rezeki dan hidupnya]

3. Sesama henna artist hendaknya menciptakan dan memelihara semangat berkarya, kekeluargaan serta kesetiakawanan dimanapun

4. Belajar bersama bukan mencuri ilmu
[Nah, apa bedanya belajar bersama dengan mencuri ilmu? Nanti kita bahas, panjang kalau sekarang mah]

Sepertinya 4 point di atas adalah yang paling umum, kalau ada masukan, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar yah.

NOTE: Plisssss ketika kalian ingin ngeshare artikel ini, jangan lupa tinggalkan sumber artikel ini yah. jangan di copas dan seakan-akan artikel ini adalah tulisan kalian. Karena itu sungguh SANGAT MENYAKITKAN saya sebagai penulis -saya juga henna artist loh-. Mengingat banyaknya artikel didalam blog ini di copas [oleh sesama henna artist] begitu aja tanpa menyebutkan sumber artikelnya. Ingat!

fell free to share, but.... link to this blog yessss. don't plagiat okeh.
Salam,
HennaLovers

Share on Google Plus

About Ayana Project

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

2 komentar:

  1. Para plagiator itu lbh rendah attitudenya drpd pemulung.. Apalagi yg sampe marah2 ya mba. Udah ketahuan maling, marah pula hahahaha.. Ga ngerti ama didikan orang yg seperti itu..

    ReplyDelete