Cara Menentukan Tarif Jasa Henna ala Ayana Henna





Salah satu problematiak untuk memulai bisnis jasa henna adalah menentukan tarif henna. Bukan sedikit, tapi banyak dari henna artist pemula yang merasa kesulitan dalam menentukan tarif jasa hennanya. Hal ini dikarnakan beberapa faktor.

1.    Keinginan klien yang beragam

Gak semua calon pengantin ingin dihenna full seluruh tangan dan kakinya. ada beberapa yang cuman pingin dihenna tangannya aja, ada juga yang pingin dihenna tangan bolak-balik, ada juga yang pingin dihenna sedikit aja karna sebenernya dia gak suka dihenna tapi disuruh pakai henna hanya untuk sekedar formalitas adat atau request dari calon suaminya.
Kalau beda-beda kebutuhan hennanya gini kan gak mungkin kita pakai sistem 1 tarif aja. kita harus punya pilihan paket beserta tarif yang sesuai. Kita juga gak bisa asal tembak harga, karna sistem tembak harga bisa jadi merugikan untuk sebelah pihak.
a.   Henna tangan
b.   Henna tangan kaki / tangan bolak-balik
c.   Henna tangan bolak-nalik dan kaki
d.   Henna tangan
e.   Henna tangan kaki / tangan bolak-balik
f.     Henna tangan bolak-nalik dan kaki
g.   Henna tangan
h.    Henna tangan kaki / tangan bolak-balik
i.      Henna tangan bolak-nalik dan kaki
Kalau dilihat kayak gini, kita perlu banyaaak banget paket pilihan untuk klien henna. jadi pinter-pinter kalian aja yah menentukan paket hennanya.

2.    Bahan baku henna pasta

Ada 2 macam henna pasta yang biasanya digunakan oleh henna artist. Henna pasta instan dan henna natural. Henna pasta instan yang dibuat secara massal dipabrik  relatif lebih murah dibandingkan dengan henna natural yang diracik sendiri.
Bahan baku yang digunakan untuk meracik henna jauh lebih mahal dan beragam, henna natural juga tidak bisa bertahan lama, jadi jangan sampai tarif henna yang kamu pasang hanya cukup untuk beli bahan baku henna natural aja.
Pemakaian henna natural sebenernya lebih bagus dari pada henna instan, hanya saja kebanyakan orang di indonesia lebih suka memakai henna instan dikarnakan hasil warna dari henna akan langsung terlihat setelah pemakaian. Berbeda sengan henna natural, yang warnanya akan baru matang 1-2 hari setalah pemakaian.

3.    Desain Henna

Gak semua suka dihenna dengan desain full, ada beberapa yang lebih memilih dihenna dengan desain yang sederhana.
Nah, desain henna sederhana tentu akan lebih murah dari pada henna dengan desain yang full. Kenapa? Karna desain sederhana tidak memakan banyak waktu dalam pengerjaannya dan tidak juga memakan banyak henna pasta.

4.    Kelas

Siapa yang kamu bidik? Jika kamu membidik pasaran menengah kebawah atau menengah keatas? Setiap level kelas konsumen tentu punya kriterianya tersendiri.

5.    Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik. Pengalaman membuat kita menjadi semakin baik. Jika kamu masih pemula, cobalah untuk menerapkan harga promo. Itung-itung untuk branding jasa henna kamu.
Jika kualitas gambar henna kamu sudah semakin yahud dan kamu banyak dibooking orang, barulah sedikit demi sedikit kamu naikan tarif jasa hennanya.

6.    Transportasi

Untuk mempermudah menenetukan tarif jasa henna, lebih baik bedakan antara tarif jasa dan tarif transportasinya. Ada 2 cara untuk menentukan tarif transportasi.
a.   Tergantung daerah
Contohnya: Kamu domisili Depok, nah kamu tentuin aja tarif biaya trasportasi untuk wilayah depok Rp 50.000, Jakarta Selatan Rp 75.000, Jakarta Utara 100.000, Bogor 100.000 dll.
Jadi kalau ada klien dari Jakarta Utara, kalian tinggal tambahakan Rp100.000 untuk biaya transportasinya.
b.   Jarak per KM
Ini adalah yang paling efektip, menguntungkan dan sangat mudah. Kalian hanya perlu buka google maps dan hitung berapa jarak antara rumah kalian dan rumah klien yang akan dihenna. Setelah mendapatkan hasilnya barulah kalian kali (x) dengan harga per Km yang sudah kalian tentukan.
Contohnya. Tarif biaya transportasi Ayana Henna adalah Rp 3.000/km.
Rumah Ayana berada di Bojong Gede. Suatu hari ada Annisa dari Depok ingin menggunakan jasa henna Ayana Henna. Jarak dari Bojong Gede – Depok adalah 13km.
Rp 3.000x13km= Rp 39.000
Jadi biaya transportasinya hanya Rp 39.000

Itulah beberapa faktor yang musti dipertimbangkan dalam menentukan tarif jasa henna. Jika sudah siap, ayo rancang tarif mu. Semoga sukses J
Share on Google Plus

About Ayana Henna

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

7 komentar:

  1. mantap artikelnya kak, kalo saya sih cari yang lebih berpengalaman aja :D

    ReplyDelete
  2. iya, yang berpengalaman lebih meyakinkan :)

    ReplyDelete
  3. kalau saya cari yg deket2 rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar bisa langsung disamperin ke rumah ya sist? 😊

      Delete
  4. Merek lotion apa yg bagus untuk latihan??

    ReplyDelete
  5. Oh ayana henna di bojong, aku di bondes kyaaa deket ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya yah.. kapan2 kita meetup yuk!

      Delete