13 Barang Yang Harus Dibawa Saat Menghenna



Henna artist newbie? Dapet orderan ngehenna untuk pertama kalinya? Bingung harus bawa apa aja pas ngehenna nanti? Cocok! gak usah bingung lagi yah....

Kita juga pernah ko ngalamin hal serupa, bingung mau bawa apa aja, takutnya malah yang penting yang gak kebawa. Ah pokoknya ada aja deh yang terlewat, sampai akhirnya kita punya ide untuk bikin list barang-barang yang musti dan wajib di bawa saat menghenna yang insyaallah bermanfaat untuk kalian HennaLovers.

Nah, jadinya walaupun kalian masih newbi, tapi jagan sampai ada kesan ‘gak berpengalaman’. Kalian harus sebisa mungkin terlihat profesional didepan klien, agar klien percaya dan merasa yakin bahwa kalian sanggup untuk mempercantik penampilannya di hari paling special dalam hidupnya. Sebenernya banyaknya bawaan ini tergantung dari budget kalian sendiri. Ada beberapa barang yang memang wajib kalian beli dan bawa pas saat menghenna dan ada beberapa barang yang dikirinya belum terlalu perting dibeli dan bisa menyusul saat ada uangnya.

Disini kita akan share pengalaman kita about barang-barang yang sebaiknya dibawa saat menghenna, antara lain:

1.    Tas

Mau bawa tas apa aja oke, mau yang slempang, jing-jing, koper, gemblok juga gak masalah, yang ada aja. Tapi kalau kalian mau terlihat profesional, cobalah bawa box untuk perlengkapan makeup yang biasa MUA bawa. Cari yang ukurannya sesuai kebutuhan kamu.

Harga box makeup kisaran antara 250.000-juta juta.  semakin mahal box makeup semakian bagus dan besar pula, daya tampungnya semakin banyak pula. Tapi kembali lagi, beli yang sesuai kebutuhan yah, apalagi buat para newbie. Jangan sampe modal usaha ngehennanya abis cuman buat beli box makeup.

Tapi kalau kalian belum terlalu butuh-butuh banget, kalian beli beberapa kotak plastik aja, untuk naruh perlatan henna (henna cone, gliter dll) biar gak berceceran didalam tas. Usahakan henna stufnya disusun dan dikemas serapih mungkin yah, jangan sampai terkesan berantakan didepan klien, jaga image itu penting untuk bisnis. hehheee

2.    Henna

Yang ini mah wajib bangeeeet dibawa. Namanya juga ngehenna, ya kalau gak ada hennanya mau ngapain?kalau kalian pakai henna istanst, bawa aja semua warnanya. Mulai dari warna maroon, hitam juga yang warna-warni [rainbow]. Biarkan klien memilih sendiri dia ingin dihenna dengan warna apa aja.


Jika kalian blum punya banyak stock warna, pastikan dari jauh-jauh hari sang calon pengantin mau dihenna dengan warna apa. Jadi bisa kalian siapkan warna yang hanya mereka inginkan saja, hal ini untuk save money kalian dengan tidak membeli henna yang tidak dipakai.

Pastikan juga desain yang diinginkan oleh calon pengantin. Pemilihan desain henna menentukan berapa banyak henna pasta yang kalian butuhkan loh HennaLovers. Semakin rumit dan banyak desain hennanya, semakin banyak pula henna pasta yang dibutuhkan.

baca juga : [5 Langkah Mudah Membuat Cone Henna]

Perhitungannya, jika klien memilih desain simpel desain yang hanya sampai pergelangan tangan atau lebih sedikit. Maka kalian hanya perlu 1 cone henna pasta ukurang 25g untuk 2 tangan. kalau klien minta tangan dihenna bolak-balik berarti kalian butuh 2 buah cone henna pasta 25g. Kalau desainnya full satu tangan, sampai siku tangan. sediakan 2 buah henna pasta untuk 2 tangan atau 4 buah henna pasta untuk tangan bolak-balik. Dst
Bawalah 1-3 buah henna pasta lebih, untuk jaga-jaga. Barangkalai ada saudara, teman atau tetangganya yang mau ikutan dihenna juga.

3.    Katalog

Katalog juga komponen penting yang harus kalian bawa saat mengehenna. Suguhkan klien dengan berbagai gambar henna yang oke. Buat newbie yang blum punya banyak koleksi foto henna hasil karyanya sendiri. Saya sarankan untuk membuat katalog diatas kertas hvs biasa. Dowload beberapa template tangan dan kaki. Lalu mulailah menggambar beberapa desain henna sendiri. Ribet? Memang, tapi dari sini kalian bisa tau sampai mana batas kemampuan kalian untuk saat ini.

baca juga : [Template Tangan Kosong] 

Dari pada asal download gambat henna dari google, trus pas diminta gambarin sama klien nya, eh kalian bigung sendiri. kan gak lucu.
Mengambil gambar acak di internet untuk dijadikan katalog adalah cara terakhir dan paling mendesak yah. Pastikan juga gambar yang kalian ambil adalah gambar henna yang sanggup kalian gambar. Bukan hanya asal ambil aja. okeh...

Katalog gak musti harus di print ko. kalau kalian  blum punya cukup uang untuk ngeprint katalog. Kalian bisa bawa katalog digital. Apasih katalog digital? Katalog digital itu cuman istilah aja, aslinya kumpulan foto-foto yang kalian save di hp kalian sendiri. jadi hp kalian beralih fungsi jadi katalog digital sementara. Lebih praktis kan?

4.    Tissu

Kenapa harus bawa tisu? Tisu berguna untuk mengelap tangan klien yang basah. Ada beberapa klien yang tangannya super lembab banget. Dikit-dikit keringetan. Nah ini bahaya, kalau kalian pakai henna instant, pastikan permukaan kulit yang akan dihenna itu kering sekering-keringnya. Soalnya kalau kulitnya lembab, nanti henna pastanya lumer kemana-mana.

Tisu juga berguna buat lap keringet kalian, kalau gugup biasanya keringetnya banyak. Kalau kalian gak bawa tissu, nanti keringet kalian bisa netes kemana-mana. Ntar lantainya banjir.. hhehehe

Tisu juga berguna kalau cone kita tiba-tiba macet. Gunakan tisu untuk mengurut ujung cone biar pastanya lancar lagi keluarnya. Jangan lupa bawa plastik kecil buat buang sementara tisu yang udah kita pakai tadi. Jangan asal taro sembarangnnya ya HennaLovers.

5.    Gunting dan Gunting Kuku

Bawalah gunting ukuran sedang dan gunting kuku. Gunting kuku bergun auntuk menggunting ujung cone, sekali cetrek udah kegunting. Kalau kalian lupa bawa, minjem aja ke kliennya, pinjemnya baik-baik yah.

6.    Korek Kuping

Korek kuping berguna untuk mengorek kuping klien kalau gatel pas dihenna. Bukan deng.. koreng kuping itu dibawa dan dipakai kalau-kalau kalian salah gambar dan mau koreksi. Jangan dilap pakai kain besar yah. Nanti malah kena yang lainnya. Pakai korek kuping aja, ujungnya lebih enak buat diatur biar gambar lainnya gak ikut kehapus.

7.    BodyLotion

Walau keliatan nyeleweng dari henna. Tapi bodylotion ini penting loh dibawa. Buat apa? Buat ngehapus henna yang gagal pas lagi pengerjaan. olesin dikit di ujung korek kuping, trus gosok secara pelan. Walaupun tidak menghapus maksimal henna stain yang menempel di kulit, penggunaan bodylotion dapat mempermudah menghapus henna stain yang terlanjur menempel. Sehingga dengan satu atau dua kali terkena sabun mandi, henna stain di kulit akan hilang.

baca juga : [Cara Ampuh Menghapus Henna Stain di Kulit] 

8.    Glitter & Manik-manik

Biar kekinian, bawa juga gliter dan manik-manik, biar tampilan hennanya makin kece pas difoto. 
Gliter ada 2 macam, ada yang serbuk dan ada yang tinggal pakai (gliter glue). Begitu juga manik-manik, ada yang tinggal tempel ada juga yang harus pakai lem dulu buat nempelinnya dikulit. Kebanyakan glitter dan manik-manik gak tahan air yah. Sekalipun tahan air, itu menutupi jalannya wudhu. Sama seperti kutek kuku. Jangan lupa diingatan ke klien, khususnya yang muslimah.

9.    Lem kulit, bisa pake lem bulu mata

Nah, lem ini beguna untuk nempelin gliter atau manik-manik tadi. Pilih yang warnanya bening yah. Yang kualitasnya oke, biar nempelnya kenceng dan tahan lama.

10. Pencapit bulu ketek

Kalau kalain mau beli di abang-abang jepitan, bilang aja “bang beli capitan buat ketek” abangnya pasti paham. Hehehe
Walaupun namanya pencapit bulu ketek, tapi ditangan henna artist, fungsinya akan beralih menjadi pencapit untuk pasang manik-manik. Kadang kan ada beberapa manik-manik kecil yang susaaaah banget di pegang jari, dengan adanya capit ini, kita gak akan kesusahan lagi.
Capit manik-maniknya, cocolin ke lem, tempel deh dipermukaan kulit. Gampang bukan?

11. Kartu nama

Mau mulai bisnis? Siapkan kartu nama. Kalau blom punya, ya bikin dari sekarang. Kartu nama itu berguna banget, menunjukan ke-pro-fe-si-o-na-lan kalian sebagai henna artist.

12. Pengering rambut

Buat kalian yang punya budget lebih, bolehlah beli pengering rambut. Bukan buat ngeringin rambut klien yah. Tapi buat mempercepat pengeringan henna putih di tangan klien.
Kalau kalian pakai henna pasta biasa, mending ga usah pakai pengering rambut. Biar proses penyerapan warnanya sempurna di kulit. Biarkan ia mengerin dengan sendirinya, jangan ada paksaan diantara kamu dan pasta henna.

13. Masker mulut

Masker mulut salah satu yang wajib kalian bawa. Apalagi buat kalian yang suka manggap kalau pas khusu ngerjain sesuatu. Bahaya coy, kalau sampai ada aliran sungai yang tercipta dari mulut kita ditengah-tengah ngehenna klien.

Kebanyang g? Jangan dibayangin... mending bawa masker mulut. Mau yang sekali pake atau yang bisa dicuci. Mau bentuknya slayer atau masker beneran. Yang jelas bawa aja. jangan sampai ancama banjir bandang datang mengahantui klien.
Ini serius, serius banget!

Nah ini beberapa barang yang musti dibawa ala Ayana Henna, kalau kalian?? Ada lagikah barang yang wajib dibawa saat menghenna? Silahkan sharing dikolom komentar dibawah yah
Share on Google Plus

About Ayana Project

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

19 komentar:

  1. Aku mau nambahin juga dong solatip juga penting lho buat ngegulung cone henna klw udh setengah biar mantep pakai sisa henna di conenya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih untuk masukannya sist. Saya juga suka bawa selotip setiap ngehenna. Karna kalau isi cone nya udah setengah suka susah mencetnya.

      Delete
  2. Kamera yang memadai juga penting loh buat dokumentasi.
    Jadi setiap abis ngehenna. Jeprat-jepret deh...buat di posting di medsos. Sekalian buat alat promosi juga 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Jangan lupa bawa powerbank nya. Terimakasih untuk masukannya.

      Delete
  3. korek kuping maksudnya cottonbud ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuups. Biar gampang bersihin henna yang salah pas gambar.

      Delete
    2. Mba klo boleh tau... Klo ikut di henna club di daerah qt ap musti ikut kursus dlu at gmn? Soalnya q cmn belajar sendiri ajj.. N berencana buka lapak jasa henna krn trkdang q msih kurang PD dngn hasil gambarku sndiri jika sdh melihat hasil jasa henna art yg sdh profsional.. Mohon sarannya mba..

      Delete
    3. hi mba Hajra, salam kenal. Kalau boleh tau mba berasal dari daerah mana? karna sekarang bsudah banyak sekali grup henna dari berbagai daerah. dan saya sendiri termasuk ke dalam daerah club henna jawa barat.

      club henna terbesar dan teraktif untuk saat ini adalah Henna Club Indonesia, di facebook dan bersifat tertutup. untuk bergabung ke dalam grup HCI (Henna Club Indonesia) dikenakan biaya adm oleh pengelola grup.
      siapa saja boleh ikut bergabung.
      tidak musti ikut kursus dulu ko mba. saya juga henna artist otodidakan. heheee

      gabung di grup itu menyenangkan. kita jadi punya teman seprofesi mba. bisa belajar banyak dari pengalaman2 mereka dll

      Delete
  4. Kalau beli glitternya itu dimana kak?bisa recomended in henna conenya sekalian??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi untuk pembelian produk bisa langsung hubungi kami yah... 0822.1330.9693 [WA/Line/Telegram]

      Delete
  5. Mba ap ad tips buat kami yg bru memulai ngehenna tp gak ikt di club henna, krn cuman otodidak ngak ikt kursus.. Trkadang saya kurang PD dngn pra senior.. Berhubung gambar aku msih yaahh.. Pokox msih di bawah para senior the..

    ReplyDelete
  6. Mba ap ad tips buat kami yg bru memulai ngehenna tp gak ikt di club henna, krn cuman otodidak ngak ikt kursus.. Trkadang saya kurang PD dngn pra senior.. Berhubung gambar aku msih yaahh.. Pokox msih di bawah para senior the..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa sih arti senior? Mereka hanya belajar lebih dahulu dari kita kan? intinya adalah kita semua sama saja, hanya saja mereka terlebih dahulu belajar, tidak ada kata telat dalam belajar. apalagi menekuni apa yang kita suka.
      senior itu artinya dia yang sudah melalui proses belajar dari nol dan terus belajar untuk mengembangkan bakatnya. mereka juga pasti pernah menghenna 'jelek'. tapi mereka gak patah semangat. merekaa terus belajar mba, tangan itu ibarat pisau tumpul. kalau terus diasah, dia bakal tajam. Yakin deh...

      tips dari aku, latihan menghenna setiap hari trus foto hasil latihannya, dan cobab bandingkan hasilnya dari ke hari. Gambar henna mba pasti bakal semakin bagus.

      Delete
    2. Di dalam blog ini ada beberapa tips dan tutorial untuk menjadi henna artist. Silahkan dibaca dan semoga bermanfaat ya mba.

      Delete
  7. Aku selalu bawa air lemon yg dicampur gula, ini juga hasil browsing dan tanya2 henna artist pro, trs aku mau tanya adakah henna clu di bogor? Atau masuknya ke clu global jawa barat aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk henna club bogor saya kurang tau, tapi sepertinya hanya ada club henna jawabarat saja k.

      air lemon yang dicanmpur gula untuk semprot henna natural yang mulai mengering atau untuk campuran adonan henna powder k/

      Delete
  8. MBA ayana.. Tulisannya bagus banget mudah dimengertii.. Saya jadii bnyak pengetahuannya,, saya new henna artist juga.. Hihihi

    ReplyDelete
  9. Kak ayana bagi info dong., klo aku pke white henna pas kering lgsg ngelupas dan pecah-pecah.. Pke apa biar gg ngelupas.. Biar lengket maksudnya., kata temenku sih pke bedak. Tapi sama ajjah tuh ttp ngelupas.

    ReplyDelete