Malam Bainai

Dalam kamus bahasa Indonesia, inai berarti [n] (1) tumbuhan semak, daunnya untuk pemerah kuku; pacar; Lawsonia inermis; (2) daun inai
Sedangkan kata 'bainai' diambil dari kata benda yaitu inai yang termasuk jenis tumbuhan pacar yang memberikan warna jingga pekat pada kulit saat diaplikasikan dipermukaan kulit. Daun inai ditumbuk hingga halus dan dibubuhkan pada kuku jari beberapa lama. Jadi kata 'bainai' jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti berinai atau memakai inai.
Menurut tradisi, para pengantin hanya memakai inai di ujung jarinya saja. namun, seiring perkembangannya, inai kini mulai berkembang dan dikreasikan seindah mungkin ditangan pengantin dengan  berbagai motif-motif yang tentunya memiliki arti mendalam.
Di India, pemakaian inai dipercaya akan menjauhkan pengantin dari niatan jahat. warna inai yang melekat dikulit pengantin perempuan mengartikan kedalaman cintanya. semakin pekat warna henna yang dihasilkan di kulit, maka semakin kuat juga cintanya padanya. semakin bahagia pula kehidupan nantinya saat berkeluarga.


Referensi:
http://kamusbahasaindonesia.org/inai
KamusBahasaIndonesia.org
http://www.weddingku.com/blog/malam-bainai-malam-terakhir-sang-gadis-minang  
Share on Google Plus

About Ayana Henna

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment